Jumat, 17 Februari 2012

Status Gunung Semeru Masih Siaga



Sabtu, 18 Februari 2012 05:49 WIB
Metrotvnews.com, Lumajang: Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, gencar melakukan sosialisasi kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana gunung meletus bagi warga Kecamatan Pronojiwo yang berjarak sekitar 9 kilometer dari puncak kawah Gunung Semeru.

Hal itu dilakukan karena aktivitas vulkanis gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini masih fluktuatif dengan status siaga, dan belum ada tanda-tanda bakal turun.

"Kami menjelaskan karakteristik letusan, situasi dan kondisi, serta aktivitas vulkanis kepada warga Pronojiwo," tegas Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Hendro Wahyono, Jumat (17/2) kemarin.

BPBD Lumajang bersama BPBD Jatim juga sudah menyiapkan skenario evakuasi dengan melakukan perencanaan dan menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Upaya itu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk gunung meletus.

Ia mengungkapkan informasi terbaru dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur menyebutkan terjadi 53 kali gempa hembusan dengan amplitudo 2-33 milimeter (mm). (MI/RIZ)

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar